Jumat 10 Jan 2014 12:09 WIB

Studi: Masyarakat Indonesia Rata-Rata 'Nongkrong di Sosmed' 3 Jam

Sosial Media
Foto: VOA
Sosial Media

REPUBLIKA.CO.ID, Perkembangan di dunia mobile gadget  berdampak luas terhadap cara sebuah masyarakat saling berinteraksi. Salah satunya yakni menjalin komunikasi dengan memanfaatkan media sosial dan juga aplikasi messenger yang tersedia di setiap smart device.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social SG, 25% dari 631 juta penduduk (sekitar 155 juta jiwa) di Asia Tenggara adalah pengguna internet. Sementara 26%-nya (162 juta jiwa) adalah pengguna aktif media sosial.

Lebih khusus, We Are Social SG mencatat sebanyak 15% dari jumlah total 251.160.124 warga Indonesia, memiliki akses terhadap internet. Masuk lebih detail sebanyak 62 juta jiwa di antaranya adalah pengguna aktif dari situs Facebook dan rela menghabiskan waktu sebanyak 2 jam 54 menit per hari untuk berinteraksi di media sosial.

Facebook juga tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan digunakan oleh 93% pengakses internet. Kemudian di tempat kedua, 80% pemilik akses internet memilih untuk bercuit-cuit di Twitter. Instagram juga menjadi media terpopuler di Indonesia dengan meraih presentase 32%, kalah dari Google+ dan LinkedIn.

Tak hanya itu, Indonesia terbukti sebagai negara yang tanggap dengan perkembangan teknologi dan mampu mengoptimalkan fungsi dari sebuah perangkat cerdas. Sebanyak 94% pemilik ponsel cerdas di Indonesia disebutkan kerap mencari informasi lewat mobile device-nya. Sebanyak 95% orang Indonesia juga menggunakan perangkat cerdasnya untuk melakukan riset produk-produk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement