Rabu 08 Jan 2014 10:39 WIB

Dinosaurus Arab Ditemukan

Dinosaurus terbang
Foto: dinosaurusi.com
Dinosaurus terbang

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Sebuah tim ahli paleontologi internasional untuk pertama kalinya mengidentifikasi spesies dinosaurus yang hidup di jazirah Arab, kata seorang ilmuwan Swedia, Selasa (7/1) dilansir Middle East Online.

Para peneliti menemukan gigi dan tulang yang berasal dari sekitar 72 juta tahun yang lalu di bagian barat laut Arab Saudi, di sepanjang pantai Laut Merah, kata sebuah pernyataan dari Universitas Uppsala.

Daerah itu sekarang menjadi gurun, namun dulu diyakini bersama Pantai Afrika berada di bawah air.

Sisa-sisa tulang yang ditemukan adalah tulang ekor dari sauropod titanosaurid, herbivora yang diperkirakan berukuran 20 meter (65 kaki), dan gigi milik sebuah abelisaurid, sebuah theropoda karnivora yang panjangnya sekitar enam meter.

"Ini adalah taksonomi dinosauruspertama yang dikenali dari jazirah Arab," kata Paleobiologist Australia Benjamin Kear dalam pernyataan itu.

"Penemuan fosil dinosaurus sangat jarang terjadi di jazirah Arab, dengan hanya segelintir tulang terfragmentasi didokumentasikan sejauh ini."

Temuan itu dituis bersama-sama oleh peneliti Australia, Arab Saudi dan Swedia di bawah naungan Saudi Geological Survey , diterbitkan pada akhir Desember di jurnal ilmiah PLOS ONE.

sumber : Middle East Online
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement