Selasa 07 Jan 2014 09:09 WIB

Kapal Induk Turki Diperkirakan Berbiaya 800 Juta Dolar AS

Desain
Foto: Hurriyet Daily News
Desain

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pakar industri pertahanan mengatakan kapal amfibi Angkatan Laut Turki yang akan dibangun diperkirakan akan menelan biaya 800 juta dolar AS.

"Ini pasti akan menjadi salah satu pembelian terbesar yang pernah ada untuk pengadaan di angkatan laut untuk satu platform," kata sumber yang akrab dengan program tersebut. "Biaya akhir mencapai antara  800 juta sampai 1 miliar USD, itu akan masuk akal."

Spesialis pertahanan yang berbasis di London dan bermukim di Ankara itu memperkirakan biaya kendaraan yang mirip dengan kapal induk itu akan mendekati 900 juta dolar AS.

Media Turki, Hurriyet Daily News, melaporkan seorang pejabat Turki yang dikonfirmasi menolak mengungkapkan biaya pengadaan kapal baru tersebut.

"Mungkin tidak realistis untuk menyebutkan angka akhir," kata pejabat itu. "Masih terlalu banyak yang belum diketahui. Kami bahkan tidak yakin apakah kami akan menyetujui penawar pertama yang datang."

Agen pengadaan pertahanan Turki, Undersecretariat untuk Industri Pertahanan (SSM) pada 26 Desember memilih galangan kapal lokal untuk kontrak pertama pengadaan kapal jenis Landing platform Dock (LPD) itu.

SSM mengatakan perusahaan Sedef Gemi Insaati AS, sebuah perusahaan swasta Istanbul, telah dipilih untuk kontrak program LPD.

Dikatakan bahwa jika negosiasi kontrak dengan Sedef gagal maka pembicaraan akan terbuka dengan penawar kedua, DESAN Deniz Insaat Sanayi AS. Tender pengadaan kapal ini dilakukan SSM tahun 2010.

sumber : Hurriyet Daily News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement