Rabu 01 Jan 2014 09:16 WIB

Ini Kecemasan Para Pemakai Ponsel, Anda Salah Satunya?

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Remaja Putri dengan ponsel. (ilustrasi)
Foto: THINK STOCK
Remaja Putri dengan ponsel. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Clean Master belum lama ini mengumumkan hasil surveinya terhadap 1.000 pengguna ponsel di Amerika Serikat. Perusahaan pengembang aplikasi gratis untuk android ini mendata sejumlah kekhawatiran masyarakat usia dewasa terhadap privasi isi ponselnya. Apakah Anda juga memiliki perasaan yang sama? 

* Solusi 

Jangan simpan apa pun yang Anda tak ingin orang lain melihatnya di ponsel. Itu cara termudah. Selain itu, untuk melindungi ponsel dari tangan jahil, pasang kunci passcode di ponsel. Jika ingin mengendus pelaku, pasang aplikasi khusus—salah satunya HiddenEye—di ponsel android Anda. Begitu ada yang salah memasukkan passcode, kamera ponsel akan langsung menjepret wajahnya. 

 

* Informasi penting 

Kekhawatiran terbesar responden lebih tertuju pada bocornya informasi perbankan, isi surel serta pesan teks, dan laman internet yang telah mereka kunjungi. Sebelumnya, pada awal 2013 ada survei lain dari Lookout yang mengungkap 32 responden pernah membaca surel dan pesan teks serta melihat galeri foto pasangannya tanpa izin.  

 

* Intip 

Mengutip hasil survei Clean Master, laman allnewsau.com memberitakan satu dari empat responden tak ingin orang lain melihat isi ponselnya. Bahkan, mereka ingin mencegah teman, keluarga, dan rekan kerja mengakses ponselnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement