Ahad 29 Dec 2013 15:31 WIB

Merek Ponsel yang Diramal Bakal Tak Laku

HTC.
Foto: JerukNipis
HTC.

REPUBLIKA.CO.ID, Tampaknya beberapa produsen ponsel akan kehilangan pangsa pasar pada tahun mendatang. Adapun vendor yang disebut oleh analis industri mobile, Digitimes, adalah LG, HTC, dan Huawei. 

Laporan tersebut disimpulkan berdasarkan penurunan penjualan produk smartphone flaghsip ketiga vendor itu pada tahun ini. HTC misalnya, di mana produk HTC One mereka mengalami penurunan tingkat penjualan sejak diluncurkan pada Maret 2013. Selain itu, vendor asal Taiwan ini juga mengalami kinerja keuangan yang buruk.

Sementara itu, LG juga dilaporkan sedang menghadapi kesulitan dalam penjualan produk andalannya yaitu G2 yang hanya terjual sebesar 2 juta unit jauh dari target awal, yakni 10 juta unit. Analis beralasan rendahnya penjualan G2 tersebut karena dipicu terlalu cepatnya LG merilis Nexus 5 setelah G2, seperti dilansir situs jeruknipis. 

Kemudian, meskipun juga mengalami penurunan, Huawei mungkin lebih baik dari dua perusahaan di atas. Perusahaan asal China tersebut dilaporkan berhasil menjual 3 juta unit smartphone Ascend P6-nya. Namun ini juga tampaknya berbanding terbalik jika melihat buruknya penjualan dengan semangat upaya perusahaan memasarkan produknya tersebut. 

Pada akhirnya, analis menyimpulkan bahwa tahun depan kelanjutan penjualan smartphone akan dibayangi dengan sentralisasi pembelian melalui subsidi operator telekomunikasi. Kira-kira apakah prediksi ini bakal terbukti? 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement