Ahad 22 Dec 2013 12:27 WIB

Apple Kantongi Paten Layar Safir

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Mansyur Faqih
Logo Apple. Ilustrasi.
Foto: BRT.com
Logo Apple. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Samsung, kini giliran Apple menerima paten untuk layar safir. Dalam sebuah laporan, paten ini termasuk untuk silinder berongga, tabung hampa dengan bentuk oval, segitiga, bentuk persegi panjang cross-sectional, dan bentuk berongga lainnya.

"Struktur tampilan penutup berongga terdiri dari safir dan dua penutup port. Safir sendiri adalah material antigores yang kokoh. Ini kenapa sebelumnya Apple sudah mengaplikasikanya untuk Touch ID," tulis laporan yang dilansir Phone Arena, Ahad (22/12). 

Material yang menyelimuti semua bagian layar mirip dengan paten yang sebelumnya diajukan Samsung. Pada aplikasi patennya, Samsung akan menggunakan material ini untuk menampilkan tombol virtual dan kontrol. Tapi Apple sudah mengajukan paten untuk membungkus layar AMOLED delapan bulan sebelum Samsung mengajukannya. 

Dalam patennya, terdapat satu atau lebih sensor yang dapat memantau rotasi layar dan menampilkan informasinya di layar pada posisi yang sama. Paten ini juga menjelaskan bagaimana safir untuk layar dibuat dengan menarik benih kristal safir dari bahan cair. 

Paten Apple juga mengungkapkan bagaimana layar dapat digunakan untuk bermain game dan konten dapat diperbarui secara real time

Apple dikabarkan akan memperkenalkan ponsel berlayar lengkung dan lebih besar pada 2014. Sebelumnya, teknologi layar melengkung juga sudah dikantongi oleh Samsung dan LG (LG G Flex).   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement