Kamis 19 Dec 2013 11:40 WIB

Server Washington Post Dibobol Hacker

The Washington Post
Foto: guardian.co.uk
The Washington Post

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Washington Post melaporkan bahwa pada Rabu (18/12) peretas berhasil membobol server perusahaan mereka dan mendapatkan akses untuk akun para pegawai dan kata sandinya.

Laporan soal serangan ini mereka dapat dari Mandiant, perusahaan jasa keamanan yang disewa untuk memonitor jaringan milik surat kabar terbesar di Amerika Serikat itu pada Rabu.

Perwakilan Washington Post mengatakan belum mengetahui secara rinci soal data yang mungkin digondol dari server mereka.

Namun, hingga kini belum ditemukan bukti yang menunjukan kalau data rahasia milik pelanggan mereka, seperti kartu kredit dan alamat rumah berhasil dikuasai peretas.

Wahington Post juga mengklaim tidak menemukan jejak peretas pada sistem publikasi mereka, email atau sistem penampung informasi penting karyawan.

Juru bicara Washington Post, Kris Coratti mengatakan bahwa berdasarkan penyeildikan sementara Mandiant, penyusupan ini hanya berlangsung singkat. 

“Investigasi masih terus dilakukan, namun kami percaya (penyusupan) itu dilakukan hanya dalam beberapa hari saja," ungkap Kris Coratti.

Serangan ke jaringan keamanan Washington Post ini adalah yang ketiga kali dalam tiga tahun. Pada 2011, peretas diduga kuat berasal dari Cina juga berhasil menembus jaringan mereka dan mengakses password pegawai. 

Agustus tahun ini, peretas dari Tentara Electronic Suriah (SEA) juga berhasil 'mengakali' konten laman Washington Post dengan mengarahkan pembaca yang mengklik konten The Post ke situs buatan mereka. SEA adalah tentara siber pendukung Presiden Suriah Bashar al Assad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement