Ahad 15 Dec 2013 02:43 WIB

OS Game Televisi SteamOS Meluncur, Masih Direkomendasikan untuk 'Linuxer'

OS khusus gaming di televisi berbasi Debian, SteamOS
Foto: VALVE
OS khusus gaming di televisi berbasi Debian, SteamOS

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti yang dijanjikan, Valve merilis versi pertama SteamOS yang langsung bisa diunduh begitu perusahaan merilis Steam Machine prototipe  ke 300 penguji beta.

Berbasis Debian 7.1 dengan rasa Linux, SteamOS adalah platform yang didesain untuk bermain games PC di televisi. Satu yang dilakukan Valve yakni memangkas fitur-fitur ala sistem operasi dekstop yang tidak cocok untuk tuntutan bersantai menyandarkan punggung ke sofa saat bermain game.

Salah satu fitur utama yakni kemampuan untuk melakukan streaming games yang sedang berlangsung di komputer mana pun di dalam rumah, sehingga bisa dimainkan di televisi, begitu pula saat memainkan game-game yang asli diusung SteamOS.

Saat ini aplikasi memang masih tahap beta, jadi Valve merekomendasikan mereka yang sama sekali tak memiliki pengalaman dengan Linux untuk menunggu versi yang lebih dipoles tahun depan, ketika PC khusus game, Steaming Machine benar-benar hadir di ritel.

Hanya saja, bila Anda tahu bagaimana mengetik kode-kode macam apt-get dari --su di kotak command dan tak tahan ingin menunjukkan kepada pemilik Xbox One dan PS4, apa itu platform open source generasi masa depan di dunia gaming, silahkan mengunduh aplikasi sebesar 960MB di beberapa situs yang masuk daftar 300 penguji beta untuk mengecek lebih awal. Salah satunya Endgadget dan bisa Anda cari di sana.

Bagi yang masih butuh panduan bagaimana mengoperasikannya, Anda bisa melihat laman FA&Q milik Steam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement