Kamis 12 Dec 2013 17:04 WIB

'T-SMS', Aplikasi Pesan Singkat untuk Penyandang Tunanetra

T-SMS
Foto: googleplay
T-SMS

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lulusan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB Ozi Priawadi, S.Kom menemukan aplikasi teknologi pesan singkat (SMS) bagi penyandang tunanetra.

"Berawal dari pembuatan skripsi yang dapat berguna untuk masyarakat, saya mencoba membuat aplikasi SMS untuk tunanetra dengan menggunakan teknologi speech to text dan text to speech pada Android yang dapat memudahkan para tunanetra," katanya melalui Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Ia menjelaskan bahwa temuan aplikasi yang disebutnya "T-SMS" itu untuk memudahkan SMS bagi penyandang tunanetra. Menurut dia, aplikasi itu dapat diakses pada ponsel pintar berbasis Android.

Dengan menggunakan Android, kata dia, teknik-teknik baru dalam berkomunikasi dapat direalisasikan dengan mudah, di antaranya penggunaan "text-to-speech" dan "speech-to-text" untuk mengirimkan pesan.

T-SMS itu, katanya, mengubah suara menjadi teks dan dari teks tersebut bisa menjadi suara kembali. "Ketika ditekan akan otomatis mengeluarkan indikator suara sesuai dengan yang ditekan. Misalnya menekan angka lima maka akan keluar suara lima," katanya.

Selain itu, kata dia, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah suara menjadi teks.

Ozi Priawadi menjelaskan bahwa aplikasi itu sudah diunggah di "Google Play" sehingga dapat digunakan oleh secara luas oleh masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement