Selasa 10 Dec 2013 10:33 WIB

Hati-Hati, Terlalu Banyak Berfoto Bisa Jadi Pelupa

Pelupa/ilustrasi
Foto: wonderwoman.in
Pelupa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang terbiasa mengabadikan segala kejadian dengan kamera sebaiknya berhati-hati. Karena terlalu banyak berfoto dapat membuat orang menjadi pelupa. 

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Psychological Science menemukan, terlalu banyak mengambil foto dapat mencegah kita mengingat hal-hal detil. Bisa jadi, kita justru melewatkan apa yang ada di hadapan. 

Para ilmuwan mengarahkan sekelompok murid sekolah di museum dan meminta mereka untuk mengambil foto atau mengingat salah satu karya seni dan sejarah di tempat itu. Saat ingatan mereka dites esok harinya, terungkap hasil bahwa mereka lebih sulit mengenali benda yang mereka foto.

Mereka juga kesulitan mengingat detil dari objek tersebut. Dr Linda Henkel dari Fairfield University di Connecticut yang bergabung dalam penelitian itu mengatakan, saat orang bergantung pada teknologi untuk mengingat suatu objek, bisa jadi itu memberikan efek negatif pada kemampuannya mengingat kejadian yang dialaminya. 

Studi sebelumnya membuktikan, meninjau foto lama dapat membantu mengingat, namun itu hanya terjadi jika kita melakukannya dalam waktu lama. "Untuk mengingat, kita harus berinteraksi dengan foto ketimbang hanya menumpuknya," kata Dr Henkel seperti dikutip dari Daily Mail. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement