Rabu 13 Nov 2013 19:50 WIB

Alat Ini Bantu Tunanetra Kenali Benda

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Agung Sasongko
alat bantu tunanetra
alat bantu tunanetra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penglihatan merupakan anugerah luar biasa yang Tuhan berikan kepada setiap manusia.  Namun, ada banyak orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melihat dikarenakan oleh sakit, bawaan dari lahir dan lainnya.

Guna membantu para tunenetra, Jim Ruck tergerak menciptakan Site. Apa itu Site? Site adalah sebuah alat yang mampu membantu tunanetra untuk mengenali suatu benda. Alat ini akan mengendalkan teknologi suara untuk mengenali sebuah benda. Site akan mengelurkan suara yang berbeda untuk setiap benda.

Seperti dikutip ubergizmo, Rabu (13/11), hal yang harus dillakuan bila menggunakan Site adalah memiondai setiap benda yang ingin dikenali. Melalui software voice recognition yang ada didalamnya, Site mampu menandai setiap benda yang telah dipindai. Setiap benda yang telah dipindai akan memiliki nama yang berbeda-beda. Nantinya nama-nama inilah yang akan menjadi kode bagi penggunanya dalam mengenali setiap benda.

Tak hanya mengeluarkan suara untuk setiap benda yang telah diidentifikasi. Site juga memberikan tanda berupa getaran guna mengatahui lokasi sebuah benda.

Cukup menyebutkan nama benda yang ingin dicari, maka site akan membantu mencari dengan mengirimkan sinyal ke RFID yang dimilikinya, Semakin dekat benda yang dituju, maka getaran akan semakin besar terasa. Hal ini disinyalir akan mempermudah penggunanya dalam mencari sebuah benda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement