Senin 28 Oct 2013 15:39 WIB

Pengguna Internet di Indonesia Kebanyakan 'Follower'

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Pusat layanan Internet bergerak
Foto: Ririn L/Republika
Pusat layanan Internet bergerak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Internet nyatanya semakin akrab dengan masyarakat Indonesia. Menariknya, berdasarkan riset yang dilakukan Marketeers bersama MarkPlus Insight menyimpulkan bahwa 92 persen Netizen  (sebutan untuk pengguna internet) di Indonesia sengaja mengikuti tren teknologi daripada dianggap gagap teknologi.  

Survey yang sama menunjukkan bahwa hanya 17 persen Netizen yang berkontribusi dalam menciptakan konten internet. Golongan ini disebut Netizen Aktif. Sisanya, Netizen Aktif hanya menggunakan untuk mengobrol (chatting), mengintip status orang atau browsing informasi.  

Perilaku Netizen Aktif inilah yang akhirnya mempengaruhi Netizen Pasif. "Netizen menjadi ekosistem yang mempengaruhi spending, decision making, termasuk sosial dan budaya," ujar Chief Executive Office Marketpluss Insight, Farid Subkhan, Senin (28/10).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement