Sabtu 26 Oct 2013 08:16 WIB

Laris Manis, Samsung Raih Laba Rp 600 Triliun

Samsung
Foto: dailymobile
Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, Samsung semakin membuktikan dirinya sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Hal tersebut setidaknya bisa dinilai dari laporan keuangan di kuartal ketiga 2013 yang baru saja dirilis oleh perusahaan Korea selatan tersebut. 

Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Samsung berhasil meraup keuntungan yang besar. Seperti yang JerukNipis kutip dari The Verge, Samsung disebutkan telah mengumpulkan profit senilai 59,08 trilyun won atau sekitar Rp 619,77 triliun, diiringi oleh operating profit yang mencapai 10,16 triliun won (Rp 106,58 triliun). 

Namun nilai keuntungan di atas merupakan jumlah secara keseluruhan. Beberapa analis masih penasaran dengan jumlah keuntungan yang dikumpulkan oleh divisi smartphone. CEO JK Shin sebelumnya sempat menegaskan bahwa Samsung telah mengirimkan 40 juta unit Galaxy S4 untuk dijual di pasaran dalam waktu 6 bulan. Tetapi dalam laporan, pendapatan divisi IT & Mobile Communication hanya meningkat hingga 3 persen.

Para analis pun sepakat bahwa bisnis semikonduktor adalah salah satu sumber pendapatan terbesar dari Samsung. Disebutkan penjualan prosesor buatan Samsung meningkat hingga 12 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Tetapi permintaan atas produk TV justru menurun, mengakibatkan degradasi profit hingga 12 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement