Selasa 22 Oct 2013 19:47 WIB

IGF Akan Atur Penggunaan Internet Secara Global

Tifatul Sembiring
Foto: Republika/Agung Supri
Tifatul Sembiring

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Forum Tata Kelola Internet (Internet Governance Forum/IGF) akan mengatur penggunaan internet secara global sebagaimana diagendakan dalam pertemuan forum tersebut di Nusa Dua, Bali, pada 22-25 Oktober 2013.

"Dalam forum ini akan dibahas, bagaimana pengaturan internet secara global karena tidak mungkin internet diatur oleh satu instansi saja," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring setelah membuka Pertemuan VIII IGF di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa (22/10).

Menurut dia, IGF di Indonesia bukan lembaga pemerintahan. Bahkan penyelenggara pertemuan di Bali itu adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi).

"Kami hanya pendukung terselenggaranya acara ini," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Tifatul menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna internet tertinggi di dunia, termasuk pemlik akun Facebook dan Twitter.

Sebelumnya, Menkominfo mengusulkan pembahasan etika penggunaan internet. "Nanti mungkin tidak akan ada sebuah aturan yang mengikat, namun pastinya ada kesepakatan tentang pengaturan. Jika internet tidak diatur akan berbahaya," ujarnya.

Adanya pengaturan itu, lanjut dia, tidak akan membatasi kebebasan berekspresi para pengguna internet di Indonesia. "Dunia maya itu bebas, namun bebas itu harus bertanggung jawab da menghormati orang lain," kata Tifatul.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement