Senin 14 Oct 2013 14:31 WIB

Apple Bakal Luncurkan iPad Mini Terbaru

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
iPad mini 2
Foto: jeruknipis.com
iPad mini 2

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Apple Inc akan memperbarui lineup untuk produk tablet miliknya iPad pada 22 Oktober 2013. Pembaruan ini dilakukan untuk mempertahankan posisi perusahaan di tengah persaingan tablet yang semakin ramai.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino California, AS ini akan mengungkap versi baru iPad dengan layar 9,7 inci. Selain itu Apple juga akan akan meluncurkan sistem operasi komputer Mac yang baru. "Sistem operasi ini dinamakan Mavericks dan Mac Pro PC," ujar seorang sumber yang familiar dengan rencana itu, dikutip dari laman Bloomberg, Senin (14/10).

Peluncuran tersebut dijadwalkan satu bulan setelah Apple meluncurkan dua model terbaru iPhone. Pada acara tersebut akan diperlihatkan perubahan fitur pada iPad besar, termasuk desain yang lebih tipis. Sedangkan iPad mini akan menggunakan layar resolusi tinggi yang dipakai oleh iPhone.

Juru bicara Apple Trudy Muller enggan memberikan komentar. Absennya iPad baru membuat pangsa pasar tablet Apple jatuh di kuartal kedua. Penjualan tablet global per kuartal pertama jatuh 9,7 persen ke 45,1 juta unit. Sedangkan pengapalan menurun dari 19,5 juta menjadi 14,6 juta unit saja, berdasarkan penelitian IDC.

Meskipun sampai saat ini masih yang terdepan untuk produk tablet, pangsa pasar Apple terancam oleh produk-produk Samsung Electronics Co dan Microsoft Corp yang memperkenalkan model baru. Saham Apple anjlok 1,4 persen ke 480,94 dolar AS pada penutupan akhir pekan di Bursa New York. Saham perusahaan milik mendian Steve Job tersebut telah jatuh 9,6 persen sepanjang tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement