Ahad 29 Sep 2013 19:32 WIB

Waduh Daur Ulang Email Yahoo Kacau

Satu dari 30 contoh logo Yahoo yang akan dibocorkan selama sebulan jelang rilis resminya.
Foto: CNN
Satu dari 30 contoh logo Yahoo yang akan dibocorkan selama sebulan jelang rilis resminya.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Yahoo mendaur ulang email yang sudah satu tahun tidak diaktifkan

Alamat-alamat email bekas Yahoo yang diberikan kepada pengguna baru menerima email-email pribadi yang ditujukan untuk pemilik akun sebelumnya.

Seorang pria mengatakan pada situs Information Week bahwa ia menerima banyak email dengan informasi yang sangat sensitif di dalamnya.

Pada Juni lalu, perusahaan web itu mengumumkan bahwa alamat dan akun Yahoo akan didaur ulang jika sudah satu tahun tidak diaktifkan.

Para pakar privasi internet meminta Yahoo menanggapi isu itu "segera." Yahoo mengatakan telah melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi ketakutan bocornya privasi dan keamanan informasi. "Sebelum mendaur ulang akun-akun yang tidak aktif kami berusaha menghubungi pemilik akun dengan beragam cara untuk memberi tahu mereka agar mengaktifkan kembali akun tersebut atau didaur ulang," kata seorang perwakilan Yahoo kepada BBC.

"Kami melakukan banyak langkah pencegahan untuk memastikan hal ini dilakukan dengan aman, termasuk menghapus data pribadi pemilik akun sebelumnya, mengirim kembali email-email yang diterima antara 30 hingga 60 hari sebelumnya agar pengirim tahu akun itu tidka lagi aktif."

Yahoo juga dalam proses meluncurkan fitur baru bernama "Not My Email" agar pengguna bisa melaporkan email yang bukan ditujukan untuk mereka. Namun proses itu sepertinya tidak bisa menenangkan bekas pemilik akun seperti yang diceritakan oleh Tom Jenkins, seorang pakar keamanan IT.

Jenkins mengatakan kepada Information Week, "Saya bisa mengakses akun Pandora (radio online) mereka tapi saya tak akan melakukannya."

"Saya bisa mengakses Facebook dia [pemilik lama], tapi saya tidak akan melakukannya. Saya tahu nama, alamat dan nomor telepon dia.

"Saya tahu anaknya bersekolah dimana, empat angka terakhir nomor jaminan sosial miliknya, saya tahu bahwa ia punya janji bertemu dokter mata pekan lalu dan saya baru saja diundang ke pernikahan temannya."

Para pengguna lain juga mengatakan mereka menerima email berisi informasi pribadi. "Saya menyarankan agar anda tetap mengaktifkan akun Yahoo setidaknya setiap enam bulan sekali untuk memastikan agar anda tetap memiliki akun tersebut," kata pakar keamanan Internet, Lee Munson.

Para pakar keamanan mengatakan isu ini tidak bisa dihindari. "Masalah ini sudah dibahas oleh pakar keamanan dan privasi berbulan-bulan yang lalu ketika Yahoo mengumumkan niat mereka untuk mendaur ulang email dan memperingatkan bahwa rencana ini akan menciptakan masalah keamanan dan privasi," kata juru bicara Privacy International, Mike Rispoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement