Kamis 26 Sep 2013 18:13 WIB

Pemerintah Dukung Pengembangan Smartphone Lokal

Peluncuran smartphone merek lokal
Peluncuran smartphone merek lokal

REPUBLIKA.CO.ID,jakarta--Pemerintah mendukung perusahaan yang akan mengembangkan produk telepon genggam cerdas (smart phone) merek lokal di Indonesia dengan memberikan sejumlah fasilitas antara lain di bidang perpajakan.

"Pemerintah akan mem-'back up' perusahaan dengan 'brand' lokal itu," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada wartawan di sela Forum Bisnis RI-Korsel di Seoul, Kamis.

Menteri mengungkapkan bahwa dua perusahaan yakni Polytron dan Ever Cross serta satu konsorsium perusahaan menyatakan akan meluncurkan investasi pembuatan "smart phone" bermerek lokal.

Selama ini, perusahaan-perusahaan itu hanya menjadi pedagang produk dari Cina.Dijelaskan bahwa bagi Polytron kemungkinan pada akhir tahun ini sudah bisa berproduksi di Kudus, Jawa Tengah, sementara Ever Cross masih perlu membangun pabrik selama setahun sebelum mulai berproduksi.

Pada tahap awal, rata-rata produksi mereka mencapai 100.000 hingga 200.000 unit per bulan.Menteri menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan dukungan berupa pemberian fasilitas perpajakan dan bea masuk bahan pendukung.

Pemerintah juga akan membantu mengamankan pasar dengan memberantas pemasaran "smart phone" ilegal.Pemerintah, katanya, akan menyediakan laboratorium pengujian di Surabaya.

Hidayat mengatakan bahwa dukungan kepada investor yang akan membuat "smart phone" lokal itu diberikan sambil menunggu kepastian apakah Samsung, perusahaan gadget Korsel, berminat menanamkan modalnya untuk pembangunan pabrik di Indonesia.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement