Rabu 18 Sep 2013 06:01 WIB

Siap-Siap! Cek 'iPeranti' Anda, Mutakhirkan ke iOS7

Tampilan iOS7
Foto: UPI
Tampilan iOS7

REPUBLIKA.CO.ID, Apple’s iOS 7, yang dianggap perubahan terbesar iOS sejak pertama kali rilis, meluncur pada Rabu (18/9). Mungkin sebagian sudah gatal untuk bisa mengutak-atik sistem operasi terbaru tersebut, hanya saja Anda butuh memastikan peranti 100 persen siap dengan pemutakhiran software.

Pertama pastikan Anda melakukan back up terhadap media dan memori yang disimpan dalam 'iPeranti'. Tentu saja Anda harus memverifikasi apakah gadget itu mampu menerima pemutakhiran ke iOS 7.

Berikut langkah yang dibutuhkan sebelum menyentuh tombol unduh.

Cek Kompatibilitas

Tidak setiap peranti Apple mampu dimutakhirkan ke iOS 7. Pada jajaran iPhone, hanya mereka yang mengusung display Retina yang bisa mendukung iOS baru. Itu berarti hanya iPhone 4, 4s, dan 5 serta tentu saja iPhone 5c dan iPhone 5s.

Sementara untuk iPad, semua yang masuk generasi kedua atau lebih tinggi bisa mendukung kehadiran iOS7. Mereka adalah iPad 2, 3 4 dan iPad mini. Generasi ke-5 iPod layar sentuh juga bisa dimutakhirkan ke iOS 7.

Back up Data Anda

Berikut, Anda tentu tak ingin semua data tiba-tiba lenyap atau rusak. Bila Anda tidak melakukan secara rutin, kini mulai colokkan iPeranti Anda ke komputer. Lakukan semua dengan mudah bila komputer menjalankan OS X. Sementara untuk di Windows, gunakan Windows Explorer untuk melihat foto dan salin ke mesin Anda.

Bersih-Bersih

Sebelum memutakhirkan, tak ada salahnya bersih-bersih rumah sedikit. Hapus aplikasi yang tak pernah Anda gunakan dan perbarui versi yang butuh dimutakhirkan. Anda masih butuh aplikasi macam 10 flashlight dan Army of Darkness soundboard? Mungkin tidak. Kalau begitu hapus. Ini kesempatan bagi awal yang segar dengan OS baru.

Bila Anda melakukan beberapa pengaturan ulang, mungkin Anda ingin mensinkronisasi dan melakukan back up ke iTunes atau iCloud terlebih dahulu (tentu bila ini jarang Anda lakukan). Transisi dari iOS 6 ke iOS 7 kemungkinan akan berjalan mulush dan bebas masalah, namun ketika ada 'musibah' dalam proses jangan mencak-mencak bila Anda tidak sepenuhnya menyalin data di dalam komputer.

Bila Anda memiliki peranti lebih tua seperti iPhone 4 atau iPad 2, sebaiknya tunggu sebentar sebelum mengunduh iOS 7. Kadang-kadang peranti lam agak 'rewel' dengan versi terkini iOS karena software didesain untuk tipe hardware terbaru Apple.

Beberapa geek menemukan masalah tersebut, misal saat memutakhirkan iPhone 3Gs miliknya ke iOS 6, namun tak ada masalah saat memperbarui software dalam iPhone 4. Mungkin tak ada salahnya menunggu sepekan untuk melihat perkembangan.

Seorang pengguna iPeranti saat berbagi pengalamannya dalam situs teknologi Wired, malah menyatakan iOS 7 masih memiliki bug dan celah yang membuat iPad 3 miliknya ngadat. "Ia (iOS 7) sangat cantik begitu dalam iPhone, tapi ada kemunduran di iPad, bisa jadi setelah ini mereka segera merilis perbaikan untuk iPad, terlepas dari itu, penampilan iOS 7 di tablet sangat memukau."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement