Selasa 10 Sep 2013 09:56 WIB

Kecanduan Internet? Coba Terapi Ini

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Karta Raharja Ucu
Internet memudahkan segala hal/ilustrasi
Foto: ist
Internet memudahkan segala hal/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para pecandu internet yang ingin berhenti kini tak perlu lagi khawatir. Sebab, pengobatan bagi para pecandu dunia maya sudah dibuka di Amerika Serikat.

Mere, salah satu pecandu internet menjadi pasien dalam pengobatan itu. Ia akan menjalani sebuah terapi yang dinamakan 'Cold Turkey', dimana Mere harus bertahan di dalam sebuah ruangan selama 72 jam.

Seperti dilansir Daily Mail, terapi ini merupakan detoksifikasi dari hal yang berhubungan dengan gadget atau alat digital. Di ruang itu para pasien tidak diperbolehkan menggunakan telepon genggam, komputer atau tablet sampai para dokter yang merasa terapi cukup membolehkannya.

Psikolog Kimberly Young, penemu konsep dan terapi ini mengatakan, definisi seseorang yang kecanduan internet adalah orang yang kehidupannya terganggu karena efek ketergantungan itu. Sehingga hidupnya menjadi tidak normal lagi.

Kimberly menuturkan, bagi Anda yang menghabiskan banyak waktunya di dunia maya tapi tidak mengganggu kehidupan normal, tidak disarankan mengikuti terapi ini.

Tipe pasien dalam terapi yang dilaksanakan di Bradford Regional Medical Centre di Pennsylvania, Amerika terdiri dari anak remaja, pria, cendikiawan yang terobsesi dengan permainan di internet melebihi situs porno.

"Mereka bermain internet karena mereka ingin menjadi orang lain dan menunjukkan kehebatannya," kata Kimberly mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement