Jumat 30 Aug 2013 13:06 WIB

Twitter Berikan Verifikasi Akun Wiranto

Social media of Twitter. (illustrationa)
Social media of Twitter. (illustrationa)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Akun @wiranto1947 recara resmi telah mendapat verifikasi dari manajemen Twitter. Verifikasi ini mulai ditetapkan tanggal 26 Agustus 2013.

Menurut pakar teknologi informasi Bona Paltius, verifikasi itu perlu untuk memperlihatkan keaslian akun tersebut. "Lencana verifikasi akan membantu pengguna untuk menemukan sumber informasi berkualitas dan memercayai, bahwa sumber yang sah ditulis untuk akun Tweet," katanya di Jakarta.

    

Secara proaktif, kata Bona, Twitter akan memverifikasi akun untuk membuat penggunanya lebih mudah menemukan apa yang mereka cari. Twitter akan terus-menerus memverifikasi mitra bisnis dan invidivu dengan akun yang memenuhi kualifikasi dan sangat rentan terhadap peniruan.

        

Akun Twitter yang mengatasnamakan Wiranto memang ada beberapa. Dengan verifikasi tersebut, maka akun yang asli milik Wiranto yang juga mantan Menhankam/Pangab dan saat ini menjadi calon presiden serta ketua umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura adalah @wiranto1947. Sedangkan akun twitter atas nama Wiranto lainnya bukanlah asli alias palsu.

    

Manajemen Twitter menjelaskan, mereka mengutamakan pengguna yang sangat berminat pada musik, akting, fesyen, pemerintahan, politik, agama, jurnalisme, media, iklan, bisnis, dan bidang minat utama lainnya.  Twitter tidak menerima permintaan untuk verifikasi dari khalayak atau masyarakat umum.

Tanda atau lencana terverifikasi akan muncul di kanan atas halaman profil pengguna atau tepat di atas nama, lokasi, dan bio. Jika lencana terverifikasi muncul di mana saja di halaman profil pengguna (seperti avatar atau latar belakang), hal itu bukanlah akun yang terverifikasi.

Lencana terverifikasi tidak dapat digunakan oleh pihak lain kecuali disediakan oleh Twitter. Akun yang menggunakan lencana sebagai bagian dari gambar profil, gambar latar belakang, atau apa pun yang menyiratkan verifikasi palsu akan selamanya ditangguhkan.

Di samping itu, terverifikasi juga akan muncul di sebelah nama pengguna pada pencarian orang di Twitter. Lencana terverifikasi akan memiliki warna yang sama, sekalipun pengguna menyesuaikan latar belakang halaman profil mereka atau mengubah warna pada bilah samping.

Tokoh politik yang akun Twitter-nya telah terverifikasi antara lain: Susilo Bambang Yudhoyono (@SBYudhoyono), Dino Patti Djalal (@dinopattidjalal), Prabowo Subianto (@prabowo08), AgusYudhoyono (@agusyudhoyono), dan Edhi Baskoro Yudhoyono (@edhi_baskoro).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement