Senin 12 Aug 2013 16:35 WIB

Vandalisme Sebabkan Layanan Telkom di Medan Ngadat

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Petugas bersiap melayani pelanggan di kantor pelayanan Telkom Pusat, Jakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Petugas bersiap melayani pelanggan di kantor pelayanan Telkom Pusat, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jaringan telekomunikasi di bawah naungan PT Telkom (Tbk) di area Medan mengalami gangguan Senin (12/8). 

Menurut Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo, Senin, jaringan telekomunikasi di Medan terganggu sejak sekitar pukul 12.00 WIB. Gangguan terjadi pada kabel fiber optik kapasitas 96 core dan kabel tembaga kapasitas 1.400 satuan sambungan telepon.

Arif menyatakan, berdasarkan pantauan sementara Telkom, gangguan itu akibat tindakan vandalisme dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja memotong kabel fiber optik & kabel tembaga.

"Dengan kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada para pelanggan, karena akses layanan komunikasi di beberapa lokasi di Medan terganggu, baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet serta komunikasi data," kata Arif dalam siaran persnya, Senin (12/8).

 

Konsekuensinya, kata dia, trafik internet melalui jaringan 3G Telkomsel sedikit melambat tapi masih bisa berfungsi serta gangguan komunikasi data dan internet beberapa pelanggan korporat. "Telkom sedang melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan secepatnya pulih," ujarnya.

 

Sejak diketahui adanya gangguan itu, Telkom menyatakan langsung melakukan beberapa langkah penanganan, antara lain dengan mengalihkan sebagian trafik melalui jalur transmisi lain dan radio transmisi digital dengan memprioritaskan layanan publik dan layanan Telkomsel.

Telkom menyatakan saat ini lebih memprioritaskan melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan bisa kembali pulih. Telkom berharap seluruh layanan tersebut bisa kembali pulih pada Selasa (13/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement