Sabtu 27 Jul 2013 09:29 WIB

Samsung dan Apple Menurun, Giliran Perusahaan Kecil Mendobrak

Apple vs Samsung
Foto: mactrast.com
Apple vs Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, Samsung semakin memperkuat predikatnya sebagai salah satu perusahaan pembangun ponsel cerdas di seluruh dunia. Di dalam laporan keuangan kuartal kedua 2013, Samsung diberitakan telah mengirimkan unit-unit smartphone ke tengah-tengah konsumen dua kali lebih banyak dibandingkan Apple, yaitu 72,4 juta unit berbanding 31,2 juta unit.

Namun di dalam laporan yang sama Samsung nyatanya justru gagal memberikan angka pertumbuhan signifikan dalam hal penjualan. Menurut laporan IDC yang dirilis oleh The Verge seperti dilansir situs jeruknipis, pangsa pasar Samsung mengalami penurunan hingga 1,8 persen dari keselurhan 30,4 persen dan Apple 2,5 persen dari 13.1 persen.

Penurunan pangsa pasar yang terjadi pada Samsung dan Apple, sepertinya telah menjadi berkah bagi perusahaan-perusahaan rival. LG dan Lenovo adalah dua perusahaan yang paling berkembang. Keduanya mampu meningkatkan jumlah pengiriman unitnya hingga 100 persen dan menambah pangsa pasar masing-masing 1,4 persen dan 1,8 persen.

Bahkan perusahaan-perusahaan yang terbilang “kecil”, seperti Alcatel dan Huawei, telah berhasil meningkatkan jumlah pengiriman unit hingga 40 persen di kuartal, meningkat sebanyak 2 persen dari kuartal sebelumnya. Apakah ini bisa diterjemahkan sebagai tanda pergerakan dari perusahaan-perusahaan di luar Samsung dan Apple?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement