Jumat 26 Jul 2013 19:10 WIB

Salip Apple, Samsung Jadi Perusahaan Ponsel Paling Untung

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Samsung
Foto: dailymobile
Samsung

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Samsung menjadi perusahaan telpon seluler paling menguntungkan di dunia. Bahkan, keuntungan Samsung diketahui menyalip Apple.

Divisi handset Samsung diperkirakan memiliki laba operasional sebesar 5,2 miliar dolar AS pada kuartal kedua 2013. Menurut Strategy Analytics, Apple diperkirakan memiliki laba operasional sebesar 4,6 miliar dolar AS.

Total penjualan telpon mencapai 386 juta pada April-Juni tercatat empat persen lebih tinggi dari periode tahun lalu. Secara total, 27,7 persen penjualan telpon dibuat Samsung.

"Industri telpon seluler tumbuh tercepat sejak kuartal kedua 2012," kata analis senior di Strategy Analytics Neil Shah seperti dikutip BBC, Jumat (26/7).

Permintaan terkuat untuk perangkat Android berasal dari Asia dan Amerika Latin. "Samsung terus mendominasi, pengiriman mencapai 107 juta ponsel di seluruh dunia," ungkapnya.

Di waktu yang sama, pengiriman ponsel global mencapai 230 juta, 47 persen lebih tinggi dari periode 2012. Dari jumlah itu, 33,1 persen merupakan produk Samsung.

Sementara itu, pangsa pasar Apple di pasar ponsel pintar mencapai 14 persen, terkecil dalam tiga tiga. "Portofolio iPhone melemah dan Apple berisiko dengan gerakan produk android model 3 inchi untuk menengah ke bawah dan 5 inci untuk menengah ke atas," ujar Neil Mawston. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement