Senin 22 Jul 2013 07:06 WIB

Peneliti Temukan Spesier Stoberi Liar Baru

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Mansyur Faqih
stroberi Cascade (Fragaria cascadensis)
Foto: Kim Hummer
stroberi Cascade (Fragaria cascadensis)

REPUBLIKA.CO.ID, OREGON -- Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melaporkan spesies baru stroberi liar telah ditemukan di Oregon, AS. Ilmuan dari United State Agricultural Research Service, Kim Hummer menemukan spesies baru itu selama ekspedisi koleksi tanaman di puncak tinggi Oregon, Cascade Mountains. Dia menamakannya stroberi Cascade (Fragaria cascadensis).

Spesies baru ini adalah tanaman tahunan dengan bunga putih dan daun hijau. USDA mengatakan, stoberi Cascade tumbuh pada ketinggian sekitar tiga ribu sampai lima ribu kaki di tanah asal vulkanik yang terletak di pembukaan hutan dan padang rumput alpine terbuka.

Hummer mengatakan, spesies baru ini mulai tumbuh setelah musim salju di akhir Mei atau awal Juni. Bunganya muncul pada awal Juli. Produksinya dimulai setelah berbunga, dan buah matang pada bulan Agustus selama sekitar dua pekan. Buah dari tanaman yang ada di ketinggian sekitar

lima ribu kaki akan matang satu sampai dua pekan lebih lambat dibandingkan stroberi pada ketinggian 3.280 kaki. "Fragaria cascadensis menyajikan kemungkinan untuk mengembangbiakkan kelas baru stroberi," kata Hummer seperti dilansir dari science space and robots.

Stroberi liar Oregon ini, jika disilangkan dengan stroberi komersial, kemungkinan akan menghasilkan keturunan hibrida dengan kesuburan rendah.

Namun, mengawinkan spesies baru dengan stroberi lain yang memiliki jumlah kromosom yang sama, seperti stroberi budidaya F vescana atau spesies liar dari Rusia, F iturupensis akan menghasilkan keturunan yang subur. "Dapat mengungkapkan pengetahuan baru tentang yang tahan penyakit genetik," ucapnya.

Kelak, konsumen dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan itu. Penemuan stroberi Cascade pertama kali dilaporkan pada Journal of Botanical Research Institute of Texas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement