Rabu 17 Jul 2013 15:27 WIB

Ilmuwan Inggris Klaim Bisa Isi Baterai Ponsel dengan Urine

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Adobe bisa digunakan di ponsel layar sentuh
Foto: Antara
Adobe bisa digunakan di ponsel layar sentuh

REPUBLIKA.CO.ID, BISTOL -- Para ilmuwan mengklaim mengembangkan cara mengisi daya ponsel menggunakan urine atau air kencing manusia. Boofin yang berbasis di Bristol, Inggris, mampu mengisi ponsel Samsung dengan menempatkan urine melalui sel bahan bakar mikroba.

Dalam laporan Huffingtonpost, mereka menghasilkan listrik yang cukup untuk mengirim pesan teks, browsing internet, dan membuat panggilan telepon singkat. Ilmuwan saat ini berencana mengembangkan teknologi yang mampu mengisi penuh perangkat genggam.

Penemuan tersebut dibuat oleh tim ahli yang bekerja di Universitas Robot Bristol yang berkolaborasi dengan Universitas West of England dan Universitas Bristol.

Ionanis Ieropoulos dari Universitas West of England adalah seorang ahli yang mampu membuat listrik dari sumber yang tidak biasa menggunakan sel bahan bakar mikroba. Sel mikroba tersebut merupakan pengubah energi yang mengubah bahan organik menjadi listrik melalui metabolisbe mikroorganisme hidup. Ini merupakan pertama kalinya mereka mampu mengisi daya baterai ponsel.

Ieropoulos percaya teknologi memiliki potensi masa depan yang dapat diletakkan di kamar mandi untuk mengubah urine menjadi sumber listrik. Sumber energi itu dapat dipakai untuk pencahayaan, pisau cukur, serta ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement