Rabu 17 Jul 2013 03:23 WIB

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Komik Interaktif 'Sura-Baya'

Menikmati komik di iPad. Ilustrasi.
Foto: robot6.comicbookresources.com
Menikmati komik di iPad. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Kevin Andy menciptakan komik interaktif dalam bentuk video dengan format flash yang mengangkat legenda tentang Sura dan Baya (Sura-Baya).

"Saya berharap hasil karya saya akan bisa diaplikasikan dalam program Android dan tablet agar mitos Sura dan Baya banyak diketahui anak-anak Surabaya," katanya di kampus setempat, Selasa (17/7).

Apalagi, kata mahasiswa Jurusan Multimedia pada Fakultas Teknik Informasi Ubaya yang sudah lulus pada awal Juli lalu itu, hasil karyanya itu berbentuk video dan sifatnya interaktif.

"Saya menggambar sendiri karakter dalam game itu, lalu saya gambar ulang pada program komputer dengan suara dari dua teman dan saya selingi lagu. Satu gambar selesai dalam tiga jam," katanya.

Menurut mahasiswa kelahiran Surabaya pada 12 April 1991 itu, komik interaktif yang diambil dari Cerita Rakyat Nusantara dan internet itu sudah diuji sejumlah rekannya.

"Mereka umumnya mengaku baru tahu tentang legenda ikan Sura dan Baya itu dari komik interaktif itu, karena itu mereka umumnya menyukai video dengan format flash yang berdurasi 15 menit itu," katanya. Ia mengaku pembuatan komik interaktif yang juga sebagai tugas akhirnya itu diselesaikan dalam tiga bulan dan memiliki lima adegan (scene).

"Karya Kevin Andy ini menarik, karena saya berharap supaya semakin banyak karya anak muda yang bertemakan budaya lokal," kata dosen pembimbing Kevin Andy, Richard Pramono M.Sc.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement