Rabu 03 Jul 2013 10:14 WIB

Microsoft Buat Layar Sentuh Tiga Dimensi

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Layar sentuh 3D yang tengah dikembangkan Microsoft
Foto: Microsoft
Layar sentuh 3D yang tengah dikembangkan Microsoft

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Microsoft meluncurkan layar sentuh yang dapat menunjukkan gambar tiga dimensi. Gambar tersebut dapat dirasakan dan dimanipulasi. 

BBC melaporkan proyek ini menggabungkan layar panel datar LCD dengan sensor gaya dan lengan robot yang bergerak ke depan dan belakang. Dengan mengontrol berapa banyak resistensi yang ada di ujung jari pengguna, perusahaan mengatakan dapat mensimulasi bentuk dan berat benda di tampilan layar. 

Microsoft mengatakan perangkat tersebut bisa memiliki kegunaan medis serta game. Ketika seseorang menyentuh protipe tersebut maka akan mendorong kekuatan cahaya untuk memastikan salah satu jari mereka tetap dalam kontak dengan layar.

Jika sentuhan ditekan, lengan robot langsung menarik layar mundur dengan gerakan halus. Sementara jika jari ditarik, layar akan kembali ke arah mereka. Komputer akan menyesuaikan ukuran dan perspektif grafis pada layar untuk menciptakan efek 3D. Trik untuk simulasi fisik sentuhan untuk menyesuikan jumlah resistensi kekuatan umpan-balik.

Microsoft mengatakan penggunaan alat ini akan membuat dokter bisa mengeksplor scan tubuh pasien. Dalam demonstrasinya, scan magnetic resonance imaging (MRI) menunjukkan bagaimana medis dapat menavigasi potongan yang berbeda dengan menekan jari dan melawan gambar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement