Rabu 03 Jul 2013 10:15 WIB

Anjing Makan Rumput?

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Citra Listya Rini
Anjing liar Afrika (Ilustrasi).
Foto: IST
Anjing liar Afrika (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Banyak pemilik anjing mungkin pernah melihat sahabat bertaring mereka itu sesekali memakan rumput. Beberapa teori dapat menjelaskan perilaku janggal itu, namun belum ada jawaban pasti yang ditemukan.

LiveScience melansir penjelasan paling umum perilaku memakan rumput pada anjing adalah untuk memperlancar pencernaan mereka. Seperti halnya manusia, anjing juga dapat mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual, atau gangguan akibat mikroorganisme pembawa penyakit.

Jika anjing mengalami salah satu salah satu masalah itu, mereka akan menunjukkan keinginannya dibawa ke luar rumah. Begitu di luar rumah, anjing akan mengunyah rumput atau tanaman apa saja yang mereka temui.

Rumput akan mengiritasi lambung yang membuat anjing muntah. Itu akan membuat anjing merasa lebih baik.

Para peneliti yang studinya dipublikasikan di jurnal Applied Animal Behaviour Science itu, menyimpulkan bahwa konsumsi rumput tidak selalu memicu reaksi muntah. Anjing-anjing yang nampak sakit sebelum makan rumput cenderung akan muntah dibanding anjing yang kondisinya baik-baik saja saat makan rumput. 

Teori lain mengatakan konsumsi rumput oleh anjing bertujuan untuk memperoleh nutrisi yang kurang diperoleh dari pakannya seperti serat dan mineral. Serigala yang merupakan kerabat anjing diketahui juga melakukan hal serupa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement