Sabtu 29 Jun 2013 10:21 WIB

Pencernaan Burung Bantu Pertumbuhan Biji Cabai

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dewi Mardiani
Burung Elaenia parvirostris.
Foto: avespampa.com.ar
Burung Elaenia parvirostris.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Masuk ke saluran pencernaan tidak selalu menjadi hal buruk. Biji Capsicum chacoense, sejenis cabai liar yang berasal dari Amerika Selatan, ternyata bisa empat kali lebih cepat tumbuh setelah melalui pencernaan burung Elaenia parvirostris.

Sciencemag melansir, para ahli ekologi telah lama menduga jika burung tak hanya membantu persebaran tumbuhan, tapi juga pertumbuhannya. Ini dilakukan melalui pemisahan biji dari tumbuhan induk. Pemisahan ini akan menekan kemungkinan terinfeksinya tumbuhan anakan dari penyakit yang ada pada tumbuhan induk dan mengurangi resiko kompetisi nutrisi.

Namun pada kasus ini, jarak pisah antara tumbuhan induk tak berefek pada pertumbuhan tumbuhan anakan cabai C chacoense. Para peneliti menemukan fakta pencernaan burung E parvirostris akan membersihkan biji C chacoense dari jamur penyakit dan bau yang akan mengundang semut pemakan biji, Sseperti yang dimuat dalam Ecology Letters.

Ini merupakan kali pertama pembuktian proses pencernaan sebenarnya membantu melindungi biji dari gangguan serangga dan infeksi mikroorganisme pembawa penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement