Kamis 20 Jun 2013 15:21 WIB

Astronaut Cina Beri Kuliah dari Luar Angkasa

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah
Astronaut Cina
Astronaut Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Astronaut perempuan kedua Cina, Wang Yaping, memberi kuliah dari ruang angkasa untuk pertama kalinya. Berbicara kepada siswa melalui video langsung dan menjelaskan fisika di gravitasi nol.

Dia memberi kuliah dari laboratorium Tiangong-1, tempat pesawat ruang angkasa Shenzhou mendarat. Misi kelima Cina, Shenzhou-10, dijadwalkan berakhir sekitar 25-26 Juni.

"Langit yang kami lihat tidak biru, tapi hitam. Dan setiap hari, kita dapat melihat matahari terbit 16 kali," ujarnya dikutip BBC.

Wang menunjukkan perbedaan konsep berat dan massa di ruang angkasa melalui percobaan. Setelah menunjukkan bagaimana skala normal tidak bekerja di ruang angkasa, dia menggunakan skala khusus untuk mengukur massa awak komandan Nie Haisheng. Dia menggunakan hukum kedua Newton tentang gerak untuk mengukur massa suatu benda melalui gaya dan percepatan.

Dia juga menunjukkan bagaimana objek bergerak dalam lingkungan gaya berat. Dia meminta rekannya membantu memutar 90 derajat dan kemudian 180 derajat dari lantai laboratorium.

Sekitar 330 siswa sekolah dasar dan menengah menyaksikan pelajaran dari kelas khusus di Beijing. Mereka juga dapat bertanya langsung kepada Wang. Diperkirakan 60 juta siswa dan guru di seluruh Cina juga menyaksikan kuliah langsung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement