Rabu 19 Jun 2013 06:55 WIB

Huawei Ingin Akuisisi Nokia

Huawei Technologies
Foto: REUTERS
Huawei Technologies

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan telekomunikasi Cina, Huawei menyatakan siap untuk mengakusisi Nokia, jika perusahaan asal Finlandia itu membuka diri untuk dibeli. 

Rencana itu, seperti dilaporkan Financial Times of London, diungkapkan Chairman of Huawei consummer bussines group, Richard Yu saat peluncuran ponsel teranyarnya, Ascend P6, di London.

"Kami mempertimbangkan akuisisi semacam ini, mungkin kombinasinya memiliki beberapa sendiri namun tergantung kesediaan Nokia," kata Yu, seperti dikutip ulang Cnet, Rabu (19/6). "Kami bersikap terbuka"

Seorang petinggi Huawei mengatakan rencana mencaplok Nokia tak lain tak bukan untuk mendongkrak pemasukan dari pasar smartphone di Eropa dan Amerika Serikat.

Huawei memang memiliki pangsa pasar besar dan terus berkembang di Cina, namun mereka masih cenderung berkutat di pasar entry-level (feature phone). Dengan membeli Nokia, mereka dipastikan juga bakal memiliki modal kuat bertarung di pasar smartphone kelas menengah ke atas.

Nokia belum mau berkomentar banyak mengenai niatan Huawei untuk membeli perusahaan mereka. Juru bicara Nokia mengatakan mereka, "enggan menanggapi pada spekulasi pasar."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement