Jumat 14 Jun 2013 01:24 WIB

Ilmuwan Ceko Ciptakan Sepeda Terbang untuk Komuter

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Uji coba sepeda terbang di kota Praha, Ceska, Rabu (12/6).    (Reuters// Petr Josek)
Uji coba sepeda terbang di kota Praha, Ceska, Rabu (12/6). (Reuters// Petr Josek)

REPUBLIKA.CO.ID, PRAHA -- Para peneliti di Republik Ceko meluncurkan sepeda terbang jarak jauh dengan berat 95 kilogram (kg). Prototipe sepeda tersebut mampu terbang dan mendarat di sebuah ruang pameran di Praha.

Sepeda tersebut didukung baling-baling dengan baterai di bagian depan, dua di belakang, dan satu di setiap sisi. Mesin tersebut dapat memutar roda dan dapat berzig-zag untuk melewati kemacetan lalu-lintas. Namun, sepeda tersebut belum siap untuk meluncur ke pasaran.

Baterai hanya memungkinkan sepeda tersebut terbang beberapa menit sebelum butuh diisi ulang lagi. "Karena kapasitas baterai dua kali lipat setiap 10 tahun, kami dapat berharap di masa depan ada kapasitas yang cukup untuk sepeda yang digunakan untuk olahraga, pariwisata atau hal-hal serupa," ujar direktur teknis Sepeda Duratec, Milan Duchek dilansir BBC.

Pembuatan sepeda tersebut bekerja sama dengan perusahaan Technodat dan Evektor. Ini bukan pertama kali pembuatan sepeda terbang. Pada Agustus 2009, guru IT, John Carver dari Oxprdshire membuat 'Flyke' sepeda terbang beroda tiga yang terbang melintasi Inggris dari Lands End ke John o'Griats untuk amal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement