Rabu 05 Jun 2013 09:51 WIB

Pernikahan Pasutri yang Bertemu Online Lebih Langgeng

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Pasangarn suami istri (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Pasangarn suami istri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Pasangan suami istri (pasutri) yang awalnya bertemu dari dunia maya atau online merasa lebih puas dalam hubungan. Kenapa?

Dalam sebuah studi terbaru di Amerika Serikat (AS) diketahui hubungan mereka lebih awet dibandingkan pasangan yang bertemu di tempat kerja atau kencan buta.

Para peneliti di AS menemukan lebih dari sepertiga atau 35 persen dari pasangan yang menikah antara 2005-2012 bertemu di internet. Sebanyak 45 persen dari mereka menggunakan situs kencan dan 21 persen menemukan satu sama lain dari jaringan sosial.

Akademisi dari Universitas Chicago, Universitas Harvard dan Gestalt Research mengatakan studi mereka menunjukkan pergeseran dramatis sejak munculnya internet sebagai cara orang bertemu pasangan. Mereka mewawancarai 19.131 responden dari seluruh AS. 

Diketahui persentase perceraian lebih rendah bagi mereka yang bertemu pasangan secara online yakni sebesar enam persen. Sebaliknya, pasangan yang bertemu secara tradisional hancurnya perkawinan mencapai delapan persen.

Huffingtonpost, Rabu (5/5), melaporkan studi tersebut menulis pasangan yang bertemu melalui situs internet juga mengaku lebih puas dalam pernikahan. Dalam penelitian itu diketahui pasangan yang bertemu di tempat kerja sebanyak 22 persen, atau melalui teman 19 persen, bertemu di sekolah 11 persen, dan 10 persen di pertemuan sosial.

Pasangan yang menikah karena bertemu di lingkungan sekolah, tempat ibadah, atau perkumpulan sosial melaporkan memiliki tingkat kepuasan pernikahan tertinggi. Sedangkan pasangan yang bertemu di lingkungan kerja, keluarga, barm klub, atau kencan buta menyatakan tingkat kepuasan rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement