Jumat 31 May 2013 12:44 WIB

Steve Job Desain iPad Usai Insinyur Microsoft Mengganggunya di Pesta

Steve Jobs saat memperkenalkan iPad.
Foto: AP
Steve Jobs saat memperkenalkan iPad.

REPUBLIKA.CO.ID, Bila anda sudah membaca biografi Steve Jobs, karya Walter Isaacson, mungkin masih ingat beberapa kutipan-kutipan terkenal dari tokoh pembesut Apple tersebut.

Salah satu orang yang membangun tablet untuk Microsoft saat ini akrab dengan istri Job, Laurene Powell. Saat merayakan ulang tahun ke-50 ia mengundang Job dan Powel ke pestanya.

Jobs, tutur Isaacson, datang dengan enggan. Dalam pesta, si pria tersebut mengatakan kepada Job mengenai tablet Microsoft dan bagaimana kerennya desain peranti tersebut nantinya.

Percakapan itu tak berjalan baik.

Inilah, deskripsi Jobs apa yang terjadi dan apa yang ia lakukan setelahnya, langsung dalam kata-katanya sendiri--yang sudah disadur bebas oleh ROL.

"Orang ini terus saja menggangguku tentang rencana Microsof untuk sepenuhnya mengubah dunia dengan software PC tablet dan menyingkirkan semua komputer notebook, dan berkata Apple seharusnya membeli lisensi ke software Microsoft. Namun cara dia mengerjakan perantinya salah semua. Ia menggunakan stylus. Begitu kamu memiliki stylus, kamu mati. Dalam makan malam sepertinya dia sepuluh kali berbicara kepadaku tentang itu, saya begitu jengkel sehingga pulang dan berkata," F**k tentang ini, mari tunjukkan padanya seperti apa tablet itu."

Jobs lalu berkata ia pergi ke Apple hari berikutnya dan meminta tim untuk mendesain tablet multisentuh tanpa keyboard atau stylus. Enam bulan sesudah itu ia mendapatkan satu. Apple menyusutkan ukurannya dan menjadikan iPhone. Tak lama kemudian, mereka merilis iPad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement