Selasa 28 May 2013 00:31 WIB

Bicara WordPress, Indonesia Masih Sekadar Pengguna

WordPress. Ilustrasi.
Foto: docswordpressguide.com
WordPress. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua WordCamp Indonesia Valent Mustamin menilai, jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, pengguna internet di Indonesia masih sebatas pemakai WordPress dan belum ikut mengembangkannya.

"Pengguna WordPress dari India, Cina dan Amerika Serikat banyak menyumbangkan ide kreativitasnya mengembangkan WordPress. Sedangkan Indonesia memang diakui masih sekedar menjadi pengguna saja," kata dia di Jakarta, Senin (27/5).

Padahal dari total 41,4 juta pengguna WordPress di dunia menggunakan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan lima besar bahasa WordPress yang paling banyak digunakan. Peringkat itu dipimpin Bahasa Inggris yang dipakai oleh 66 persen dari total pengguna CMS tersebut, kemudian menyusul Bahasa Spanyol 8,7 persen, Portugal 6,5 persen, Indonesian 3,5 persen dan Italia 2 persen.

Sampai berita ini dibuat, setidaknya sebanyak 66.263.354 situs di dunia menggunakan CMS WordPress.

Sementara itu, pengembang aplikasi browser (penjelajah) internet "Mozilla Firefox" di Indonesia mengakui perkembangan WordPress yang sangat baik di Indonesia.

"Sebagai situs penyedia manajemen isi, WordPress memiliki tempat tersendiri di hati pengguna internet di negeri ini. Memang akan lebih baik jika Indonesia memberikan sumbangsihnya dengan ikut mengembangakan WordPress," kata Artanto Ishaam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement