Jumat 24 May 2013 08:11 WIB

Hari Ini di 1844 Telegraf Listrik Pertama Dikirim Samuel Morse

Alat Telegraf listrik pertama
Foto: USHistory
Alat Telegraf listrik pertama

REPUBLIKA.CO.ID,Telegraf listrik adalah sebuah telegraf yang menggunakan sinyal listrik. Sistem praktis ini pertama dibuat dan dikirim oleh Samuel Finley Breese Morse, hari ini 1844.

Ia mengirimkam pesan dalam jarak panjang menggunakan kabel berkualitas rendah. Samuel FB. Morse juga membuat alfabet Morse untuk penggunaan alat ini.

Samuel Finley Breese Morse (lahir di Charlestown, Massachusetts, 27 April 1791 – meninggal di New York City  2 April 1872) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga seorang pelukis. Ia mendapat ilham untuk membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, DC ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: "What hath God wrought", kata-kata dalam pesan itu adalah, "Apakah yang telah Tuhan tulis?"

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement