Rabu 15 May 2013 22:44 WIB

Tiga Operator Luncurkan Layanan Pengiriman Uang Elektronik

Rep: Satya Festiani/ Red: Mansyur Faqih
Layanan TCash
Layanan TCash

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga operator selular meluncurkan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator. Tiga operator tersebut yaitu Telkomsel, XL dan Indosat.  

Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution, mengatakan transfer dana memiliki peranan yang besar dalam sistem pembayaran di Indonesia. Menurutnya, masyarakat perkotaan sudah familiar dengan pengiriman uang elektronik. Berbeda halnya dengan masyarakat pedesaan.

"Program besar ini akan menjadi fondasi bagi suatu proses besar di sektor-sektor yang masih ada di pedesaan," ujar Darmin dalam di Gedung BI, Rabu (15/5). 

Layanan pengiriman uang elektronik lintas operator ini pun dapat menjembatani kendala infrastruktur yang terjadi di pedesaan. Ke depan, Darmin berharap operator selular lainnya dapat turut serta memajukan industri sistem pembayaran dan perbankan. Serta mendukung perekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

Menkominfo Tifatul Sembiring menambahkan, layanan keuangan ini adalah bagian dari salah satu visi Indonesia untuk 2045, yakni konektivitas. "Pelayanan keuangan inklusif ini membuat akses masyarakat terbuka pada sistem perbankan," ujar Tifatul.

Dengan kerja sama ini, seluruh pelanggan tiga operator dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Sebagai contoh, pelanggan TCash (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) atau pelanggan Dompetku (Indosat).

Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga, mengatakan kerja sama ini mendukung program BI mengembangkan less cash society. "Kerja sama ini memadukan kekuatan yang dimiliki perbankan dan operator selular," ujar Alex. 

Perbankan memiliki keunggulan dalam jasa keuangan. Namun, memiliki kendala dalam jangkauan geografis. Di sisi lain, operator selular memiliki keunggulan pada sektor jangkauan geografis. Alex mengaku operator selular telah menjangkau 95 persen dari populasi masyarakat di Indonesia.

"Kerja sama ini dapat meraih low cost banking dan keuangan inklusif. Kerja sama juga diharapkan memberi manfaat yang berarti bagi masyarakat Indonesia," ujar Alex.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement