Jumat 03 May 2013 10:29 WIB

Robot Sebesar Lalat Akan Bantu Operasi Penyelamatan

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Robot seukuran lalat.
Foto: BBC
Robot seukuran lalat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan Amerika Serikat menciptakan sebuah robot seukuran lalat yang mampu melakukan manuver gesit seperti serangga.

Robot yang dijuluki 'robo-fly' dibuat dari serat karbon, beratnya hanya beberapa gram dan memiliki otot super cepat di sayapnya.

Pengembang dari Universitas Harvard mengatakan robot kecil ini dapat digunakan dalam operasi penyelamatan. Robot dapat menavigasi melalui ruang-ruang kecil di reruntuhan bangunan.

Kevin Ma dari Universitas Harvard dan timnya mengatakan robot tersebut merupakan yang terkecil di dunia. Robot itu memiliki kelincahan terbang seperti serangga. Gerakan sayapnya dirancang dengan tepat.

Sayap tersebut sangat tipis. Sayap dapat mengepak 120 kali per detik. Para peneliti memakai zat khusus yang disebut bahan piezoelektrik untuk mencapai kecepatan sayap tersebut.

"Kami membuatnya dapat berkontraksi dan rileks seperti otot biologis," ujar Ma dilansir BBC.

Sayap tersebut juga dapat dilipat ke dalam mengurangi resistensi. Dengan sangat cepat, sayap dapat beralih tegangan. Peneliti membuat sayap tersebut seperti otot-otot kecil yang membuat sayap lalat bergerak begitu cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement