Rabu 10 Apr 2013 17:10 WIB

Pertama di Asia, Pesan Tiket KA Lewat Smartphone

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
PadiTrain, aplikasi smartphone untuk membeli tiket kereta api
Foto: train-railways.blogspot.com
PadiTrain, aplikasi smartphone untuk membeli tiket kereta api

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI bekerjasama dengan Padi Train meluncurkan sebuah program baru dalam melakukan transaksi pembelian tiket kereta jarak jauh.

 PadiTrain, itulah aplikasi di smartphone yang digunakan untuk memesan tiket kereta dengan sistem online.

Budi Santoso Armadi, Direktur PadiTrain mengatakan, aplikasi ini adalah yang pertama di Asia. Bertransaksi lewat aplikasi dijamin aman ini, kata dia, penumpang bisa mendapatkan jadwal perjalanan kereta dan harga tiket.

Untuk reservasi tiket, sambung Budi, bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. Sementara, untuk pembayaran bisa melalui internet banking, mobile banking, maupun melalui ATM.

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu penumpang bisa memilih tempat duduk yang diinginkan, seperti halnya saat ingin menonton di bioskop. Selain itu, penumpang yang menggunakan PadiTrain juga mendapatkan tambahan asuransi jiwa sebesar Rp 50 juta dari Avrist.

"Saat ini sudah ada 10 ribu pengguna PadiTrain," ujar Budi Santoso dalam acara Grand Launching PadiTrain di Jakarta, Rabu (10/4).

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan hal ini merupakan salah satu upaya modernisasi yang dilakukan PT KAI untuk meningkatkan layanan pada konsumen. Diharapkan, dengan adanya aplikasi ini, penumpang yang mengantri tiket di loket hanya tinggal 25 persen saja. "Sekarang pesan tiket bisa sambil tidur-tiduran di kasur," kata dia.

Saat ini, aplikasi yang memiliki slogan 'Loket di Pocket' ini bisa digunakan di Blackberry dan Android. Aplikasi ini juga online selama 24 jam, sehingga penumpang bisa memesan tiket kapan pun dan dimana pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement