Rabu 03 Apr 2013 14:10 WIB

Garap iOS 7, Apple Bajak Tim Mac OS X

Apple Inc. logo (illustration)
Foto: Reuters/Michael Dalder
Apple Inc. logo (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berita mengenai rencana Apple untuk membangun sebuah sistem operasi terbaru telah muncul sejak beberapa tahun yang lalu. Namun kini, isu seputar proyek untuk mengembangkan iOS 7 kembali ke permukaan.

Jonathan Ive selaku Senior Vice President of Industrial Design di perusahaan Apple ditunjuk sebagai penanggungjawab tunggal untuk memimpin proyek ambisius ini. Proyek iOS 7 disebut sebagai salah satu proyek terberat bagi Apple.

Seperti dilansir The Verge (02/04), Apple hingga saat ini masih cukup kesulitan untuk benar-benar membuat “sesuatu yang baru”. Sebagian pendapat menyebutkan bahwa sistem operasi yang dikembangkan Apple belum mampu melebihi Android 4.0, akibat kurangnya inovasi dan hanya menyertakan perubahan-perubahan minor di dalamnya.

Demi mengejar ketertinggalannya dari Android, Apple pada akhirnya memutuskan untuk mengambil sebagian sumber daya manusia yang saat ini tergabung dengan tim OS X. Hal ini berujung pada penundaan peluncuran Mac OS X 10.5 Leopard, akibat direlokasinya beberapa anggota tim developer. Alhasil, Apple tetap bisa menjaga ketepatan jadwal perilisan iPhone pada bulan Juni, walaupun harus mengundur peluncuran sistem operasi Leopard hingga Oktober 2013.

Ive sendiri disebutkan akan membangun sebuah sistem operasi yang lebih modern dan memiliki desain yang lebih futuristis. Kedatangan anggota-anggota tim Mac OS X sendiri diprediksi akan memberikan sentuhan baru pada user interface (UI) pada iPhone generasi terbaru nantinya. Tetapi untuk saat ini, Ive harus fokus mengerjakan tugasnya. Pasalnya, Apple akan memanfaatkan ajang Worldwide Developer Conference 2013 yang jatuh sekitar pertengahan tahun untuk memamerkan iOS 7 ke khalayak ramai.

sumber : JerukNipis
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement