Selasa 02 Apr 2013 20:25 WIB

Kemhan Akan Bangun Pusat Pertahanan Siber

Cyber Command. Ilustrasi.
Foto: thenewnewinternet.com
Cyber Command. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Pertahanan akan membangun Pusat Pertahanan Siber atau "Cyber Defence" untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari kejahatan dunia maya.

Hal itu terungkap ketika Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (2/4) sore.

"Kami minta saran kepada Kemenkominfo untuk membangun 'Cyber Defence' karena kementerian ini yang punya kapasitas membangun 'Cyber Security'," kata Menhan usai bertemu Menkominfo Tifatul Sembiring.

Pembangunan pertahanan siber itu, kata dia, akan melibatkan tiga angkatan, yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara dan sejumlah lembaga lain. Kemkominfo akan membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusianya.

Lembaga lain yang ikut dilibatkan antara lain, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Lembaga Sandi Negara, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan instansi yang terkait langsung dengan masalah keamanan, termasuk instansi yang mengurusi persoalan publik seperti bandara, bursa efek dan lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement