Selasa 26 Mar 2013 16:38 WIB

Mau Bikin Aligator Lebih Galak? Buat Berlari di Treadmill

Buaya di atas treadmil khusus di dalam lab Univversitas California dengan alat pemantau pernafasan
Foto: WIRED
Buaya di atas treadmil khusus di dalam lab Univversitas California dengan alat pemantau pernafasan

REPUBLIKA.CO.ID, Buaya, aligator, biawak dan kawan-kawan reptil besar sejenis dikenal dengan sifat alami yang jauh dari easy going. Tahukah anda, mereka bahkan bisa jauh lebih buas dan pemarah ketika dipaksa berlari di atas treadmill.

Buat apa? Bagi orang awam mungkin tak ada kepentingan mendesak, tapi bagi pakar zoologi, percobaan ini penting karena menonton buaya berolah raga bisa mengetahui pula bagaimana hewan itu bernafas. Buaya dan dino, yang sama-sama reptil, adalah sepupu jauh yang sepertinya berbagi sifat fisik serupa.

Masalahnya, ketika buaya sedang tidak dalam mood predator buas, mereka adalah hewan pemalas tingkat tinggi. Untuk membuat aligator Amerika mau berjalan di atas treadmill khusus sangatlah merepotkan.

Pakar studi fisik hewan di Laboratorium San Benardino, Universitas California, Tomasz Owerkowics, bahkan harus melekatkan bagian bawah ekor dengan selotip besar, jika tidak mereka hanya diam di sana hingga sabuk treadmill yang bergerak membawanya pergi ke luar jalur.

"Seperti menyuruh anak anda keluar dan bermain ketika yang ia inginkan hanya berbaring di sofa." ujarnya.

Peralatan fitnes reptil miliknya memiliki dinding cukup tinggi untuk mencegah para buaya merangkak pergi menghindari pemaksaan berolah raga. Begitu berhasil dipaksa, selama tiga hingga lima menit mereka bergerak dengan kecepatan tak lebih dari 800 meter per jam. Benar-benar si buas yang pemalas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement