Selasa 19 Mar 2013 11:24 WIB

Ilmuwan Inggris Tumbuhkan Gigi dari Sel Gusi

Rep: Nur Aini/ Red: Taufik Rachman
Gigi putih. (Ilustrasi)
Foto: funmag.org
Gigi putih. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Ilmuwan dari King's College London berhasil membuat metode untuk menumbuhkan gigi asli dari sel gusi. Studi yang dipublikasikan di Jurnal Penelitian Gigi tersebut merupakan metode pertama yang berhasil ditemukan untuk mengganti gigi asli.

Penelitian itu mengisolasi sejumlah sel dari gusi orang dewasa dan menumbuhkannya di laboratorium. Sel itu kemudian dikombinasikan dengan sel mesenkim dari tikus. Sel campuran ditranspantasikan ke tikus untuk mulai menumbuhkan gigi. Hasilnya menunjukkan gigi tumbuh dengan akar yang layak.

"Sel-sel epitel yang berasal dari jaringan gusi manusia dewasa mampu menanggapi sinyal merangsang gigi dari embrio gigi mesenkim dengan cara yang tepat untuk menumbuhkan mahkota gigi dan pembentukan akar, " ujar Pemimpin Penelitian, Paul Sharpe dilansir PressTV.

Sel-sel mesenkim dapat ditemukan dalam gigi bungsu. Bagian yang sulit dari penelitian tersebut adalah mendapatkan sel yang cukup.

"Tantangan utama berikutnya adalah mengidentifikasi cara untuk sel mesenkim manusia dewasa untuk menumbuhkan gigi, kami hanya dapat menumbuhkan sel-sel embiro mesenkim, " ujar Sharpe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement