Senin 11 Mar 2013 16:56 WIB

Ini Dia Kasir Berjalan Zahir POS Mobile

Rep: irwan kelana/ Red: Taufik Rachman
Booth Zahir di Mega Bazaar Computer 2012
Booth Zahir di Mega Bazaar Computer 2012

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Di  suatu toko pakaian atau department store. Seorang pengunjung tertarik dengan model baju tertentu, namun dia ingin warna ungu, sedangkan yang dia pegang warna merah.

Ketika dia menanyakan adakah warna lain, sales promotion girl (SPG) yang mendampinginya segera membuka tablet dan menunjukkan sejumlah pilihan warna baju tersebut lengkap dengan harganya.

Setiap kali pengunjung tadi memesan pakaian, maka SPG tadi langsung memasukkan pesanannya melalui tablet tersebut, dan jumlah harganya. Dengan demikian, pembeli tersebut sudah langsung tahu berapa jumlah yang harus dia bayar. Jadi, ketika  datang ke kasir, dia tinggal membayar saja.

Contoh lain, di sebuah restoran. Biasanya kalau pengunjung memesan sebuah menu, maka waitress akan menuliskannya di atas sehelai kertas. Lalu kertas tersebut diserahkan kepada koki untuk menyiapkan pesanan tersebut.

Namun kini waitress tak perlu lagi menuliskan pesanan tersebut di atas kertas. Dia cukup menuliskan pesanan tersebut di  smartphone atau tablet yang berbasis Android maupun iOs. Pesanan tersebut langsung connect ke bagian koki, sehingga dapat segera menyiapkan pesanan tersebut.

 

Itulah dua contoh aplikasi fitur terbaru dari PT Zahir International, yakni Zahir Point Of Sale Mobile atau Zahir POS Mobile. “Aplikasi Zahir POS Mobile menawarkan era baru sistem kasir. Kami  menyebutnya sebagai "Kasir Berjalan",” ungkap Direktur PT Zahir International, Muhammad Ismail Thalib di Jakarta, Senin (11/3).

 

Zahir POS Mobile mulai dipasarkan di ajang Mega Bazar Computer 2013 yang diadakan di Jakarta Convention Center  (JCC) Jakarta, Rabu-Ahad (6-10 Maret 2013).  “Alhamdulillah, kehadiran Zahir POS Mobile mendapatkan respons yang sangat baik dari  masyarakat,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, saat ini sudah bukan zamannya lagi kasir menggunakan cash register, dan menunggu pengunjung datang ke kasir untuk proses perhitungan belanja, lalu  membayarnya. “Melalui aplikasi  Zahir POS Mobile,  kasir dan tenaga penjual akan mampu memberikan pelayanan yang menarik kepada pelanggan. Pelanggan datang ke kasir, tinggal bayar saja," kata Muhammad Ismail.

 

Menurut Muhammad, aplikasi  Zahir POS Mobile ini didesain memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencatat pesanan penjualan, nama pelanggan dan melakukan pengecekan produk langsung melalui smartphone dan tablet yang berbasis Android maupun iOs.  “Fitur ini memudahkan penjual dan memanjakan pembeli. Hal itu sesuai tagline Zahir, yakni ‘Semua Jadi Mudah’,” tuturnya.

 

Menurut Muhammad Ismail, pengembangan produk baru  Zahir Accounting tersebut – yang merupakan leader software akuntansi di Tanah Air --  sangat sesuai dengan kondisi ekonomi Indonesia. Saat ini sektor ritel berkembang sangat pesat dan adopsi penggunaan smartphone (telepon pintar) dan tablet PC Zahir juga marak.

Ia mengemukakan, fitur Zahir POS Mobile  sangat cocok digunakan untuk restoran, coffee shop, toko pakaian, mebel, toko buku, toko bahan bangunan hingga toko elektronik. "Dengan aplikasi Zahir POS Mobile, konsumen atau pembeli lebih mudah dalam mencari dan memesan suatu produk atau barang," paparnya.

Begitu pula untuk mengetahui harga barang tersebut, pembeli juga dipermudah dalam urusan pembayaran, sebab aplikasi ini memotong waktu antre di depan kasir, jelasnya.

Muhammad menambahkan aplikasi ini sangat membantu dalam manajemen pengawasan barang. Hal itu makin terasa penting manakala jumlah outletnya lebih dari satu.

"Setiap saat pengguna bisa mengetahui stok barang yang ada, sehingga sangat membantunya dalam mengelola bisnis. Semua itu realtime," tegasnya.

Zahir POS Mobile ini dibandrol Rp2,5 juta per lisensi dan aplikasinya bisa diunduh secara gratis melalui smartphone Android/Apple.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement