Jumat 08 Mar 2013 11:15 WIB

Google Tawarkan Rp 194 Miliar untuk Perusahaan Penambang Bulan

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
sebuah satelit mengambil gambar permukaan bulan (ilustrasi)
sebuah satelit mengambil gambar permukaan bulan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Ada-ada saja perlombaan yang digelar perusahaan mesin pencari di internet, Google ini. Demi mendapatkan sumber mineral baru, Google menawarkan hadiah utama sebesar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 194 miliar kepada perusahaan yang dapat mengumpulkan informasi tentang mineral bulan.

Perusahaan swasta tersebut diminta mendaratkan robot di bulan untuk mencari informasi. Robot tersebut akan menjelajahi permukaan bulan. Robot harus setidaknya berjalan 500 meter di bulan. Kemudian, robot diminta mengirimkan video dengan hasil eksplorasi ke bumi paling lambat pada 2015.

BBC melaporkan perusahaan yang bisa mengirimkan robot dan data tersebut akan mendapat hadiah utama. Google juga menawarkan hadiah bagi pemenang kedua sebesar 5 juta dolar AS atau sebesar Rp 48,5 miliar.

Hadiah yang ditawarkan Google bertambah bagi perusahaan yang dapat menjelajah bulan hingga lebih dari 5 kilometer. Mereka diminta mencari sumber air dan jejak manusia di bulan seperti lokasi Apollo.

Perlombaan tersebut ternyata menarik minat perusahaan yang bergerak di bidang luar angkasa. Sedikitnya, sudah ada 25 perusahaan yang menyatakan ikut serta dalam lomba tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement