Selasa 19 Feb 2013 20:06 WIB

Anjing Ternyata Mengenali Wajah Anjing Lain

Rep: Rahmad Budi Harto/ Red: M Irwan Ariefyanto
Anjing Pitt Bulls. Ilustrasi
Foto: .
Anjing Pitt Bulls. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Anjing ternyata dapat mengenali wajah anjing lain walau berbeda ras, membedakannya di antara wajah manusia atau wajah hewan lain. Anjing bahkan dapat mengelompokkan wajah-wajah anjing itu hanya dengan kemampuan visual saja. Demikian hasil riset Dr Dominique Autier-Derian dari LEEC dan National Veterinary School di Lyon, Prancis.

Mereka menguji kemampuan anjing untuk membedakan spesies dan membentuk sebuah pengelompokan anjing di antara banyaknya varietas dan ras pada spesies anjing. Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Animal Cognition terbitan Springer, Kamis (14/2), itu berangkat dari premis bahwa makhluk satu spesies biasanya mengelompok dan menjalin kehidupan sosial. Lalu, riset telah menunjukkan bahwa pada beberapa spesies individu mengenal satu sama lain dengan mudah dan tertarik pada citra gambar individu dari spesies yang sama dibanding individu dari spesies lain.

Autier-Derian dan timnya meneiti fenomena ini pada sembilan anjing dengan cara memperlihatkan kepada mereka layar monitor yang menampilkan wajah manusia, anjing, dan hewan lain. Ada sembilan wajah anjing yang diperlihatkan di layar terdiri berbagai varietas dan juga persilangan ras. Sedangkan, hewan lain ditampilkan dari 40 spesies. Total ada 144 pasang gambar diperlihatkan.

Hasilnya, kesembilan anjing itu dapat memasukkan berbagai bentuk wajah anjing dalam satu kategori gambar, tak terpengaruh pada variasi pada ras anjing. Ilmuwan pun jadi yakin bahwa pengenalan visual ini membuat perkawinan antarras anjing masih memungkinkan secara alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement