Selasa 19 Feb 2013 19:24 WIB

NASA: Meteorit Rusia Terbesar dalam 100 Tahun

Meteorit. Ilustrasi.
Meteorit. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Informasi baru yang dirilis oleh NASA menyebutkan bahwa meteorit yang jatuh di Chelyabinsk, Russia, Kamis (14/2) lalu, diperkirakan merupakan meteorit terbesar yang sampai ke bumi dalam kisaran 100 tahun.

Sebelum masuk ke atmosfer bumi, meteorit diperkirakan memiliki diameter 17 meter dan berbobot massa 10 ribu ton. NASA juga menaksir energi yang dilepaskan dalam kejadian jatuhnya meteorit itu adalah sekitar 500 kiloton.

Perkiraan terbaru dari NASA ini bersandar kepada data yang diambil dari lima stasiun infrasound di beberapa tempat di penjuru dunia--seperti Alaska yang berjarak 6.500 kilometer dari Chelyabinsk

Seperti diketahui, sebuah meteorit menerobos atmosfer dan meledak di angkasa Rusia tengah pada Kamis lalu tersebut menimbulkan hujan bola api di sebuah kawasan luas dan gelombang hentakan yang memecahkan kaca-kaca jendela, merusak sejumlah bangunan dan mencederai lebih dari 1.000 orang.

Warga yang sedang pergi ke tempat kerja di Chelyabinsk mendengar suara seperti ledakan, melihat cahaya terang dan kemudian merasakan gelombang hentakan, kata seorang koresponden Reuters di kota industri itu, yang terletak sekitar 1.500 kilometer sebelah timur Moskow.

Bola api yang menurut badan antariksa Rusia Roscosmos melesat dengan kecepatan 30 kilometer per detik menerangi cakrawala, meninggalkan jejak putih panjang yang bisa dilihat hingga jarak 200 kilometer.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement