Selasa 29 Jan 2013 12:35 WIB

Penguin Adelie, Mesin Pembunuh Paling Efisien

Rep: Satya Festiani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Penguin Adelie
Foto: Reuters
Penguin Adelie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara Penguin Adelie berjalan di daratan memang tampak lucu dan terlihat serupa dengan jenis penguin lainnya. Tetapi, ketika penguin jenis ini menyelam di Samudera Antartika, mereka berubah menjadi mesin pembunuh paling efisien.

"Penguin Adelie seperti siluman," ujar peneliti dari National Institure of Polar Research Jepang, Yuuki Watanabe seperti dikutip Reuters. Pinguin jenis ini pintar menyelinap dan mengecoh mangsanya.

Pada Desember 2010, Watanabe melakukan sebuah percobaan dengan menempelkan kamera pada salah satu punggung penguin Adelie. Kamera tersebut akan menyala otomatis selama 90 menit ketika penguin menyelam. Watanabe dan timnya melakukan itu untuk menangkap rahasia pinguin tersebut ketika berburu.

Dalam video yang berhasil ia rekam, Pinguin Adelie tampak sedang memburu krill, hewan sejenis udang.

Ia terlihat pintar. Sebelum menyelam, ia mencari kerumunan krill terlebih dahulu. Setelah menemukan kerumunan krill, ia mulai menyelam dengan kepala masuk terlebih dulu. Lalu tiba-tiba, penguin tersebut bergerak secepat kilat di bawah air. Ia mematuki krill satu persatu dan menelannya hanya dalam hitungan detik. Kepalanya pun bergerak dengan cepat ketika ia mematuki mangsanya.

Watanabe mencatat penguin tersebut rata-rata memakan dua krill per detik ketika menyelam. Dalam kondisi biasa, seekor penguin rata-rata memakan 244 krill dalam 90 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement