Senin 28 Jan 2013 15:00 WIB

Cina Bakal Cabut Larangan Konsol Video Games

Konsol video game Xbox 360.
Foto: jeruknipis.com
Konsol video game Xbox 360.

REPUBLIKA.CO.ID, CINA -- Pemerintah Cina kabarnya sedang mempertimbangkan mencabut larangan untuk konsol video games di negaranya.

Kabar yang tentunya menjadi angin segar bagi gamer di Negeri Tirai bambu. Pasalnya, larangan itu sudah diberlakukan lebih dari 12 tahun, atau sejak tahun 2000 lalu.

"Kami sedang meninjau kembali kebijakan (pelarangan - red) itu dan telah melakukan sejumlah survei dan mengadakan diskusi dengan kementerian lain mengenai kemungkinan untuk membuka diri pada pasar konsol video games," seperti dilaporkan surat kabar harian China Daily mengutip seorang sumber di Kementerian Kebudayaan, Senin (28/1).

"Namun, mengingat larangan itu dikeluarkan oleh tujuh kementerian sejak lebih dari satu dekade lalu, kami membutuhkan persetujuan semua pihak untuk mencabut larangan tersebut".

Permainan video sebenarnya sangat populer di Cina. Namun karena takut akan efeknya yang dianggap bisa merusak mental dan pengembangan fisik anak muda, negara berfaham komunis itu melarang konsol video games beredar di negaranya.

Akibat larangan tersebut, warga Cina hanya diperbolehkan menggunakan perangkat seperti PC atau hape untuk memainkan games.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement