Senin 28 Jan 2013 06:34 WIB

Bosan BBM-an, Kini Ada WeChat

WeChat
Foto: www.jeruknipis.com
WeChat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Bosan berpesan ria dengan Blackberry Messenger (BBM)? Jangan khawatir. Kini telah hadir aplikasi messanging terbaru yang siap meramaikan Indonesia. WeChat, merupakan aplikasi chatting multi-platform terbaru yang bisa jadi alternatif bagi pengguna ponsel untuk bertukar pesan suara dan teks.

Dengan jumlah penggunannya yang sangat tinggi, aplikasi ini juga bisa jadi ajang bagi seseorang untuk menjaring popularitas. Tapi, bukan berarti sembarang orang yang dapat memiliki akun di Official Accounts dalam fitur WeChat. Alasannya, fitur ini dikhususkan bagi kalangan selebriti dan perusahaan besar. 

Menurut Assistant General Manager International Business Group Tencent, Vincent Wang yang menaungi WeChat, aplikasi ini merupakan ajang sosialisasi dan komunikasi antara selebriti dengan para penggemarnya. Atau perusahaan dengan pelanggannya.

"Kami sangat selektif dalam memasukan siapa saja yang berhak memiliki akun di fitur Official Accounts WeChat. Mereka tentunya harus dari kalangan selebriti dan top brand," ujarnya. 

Jika dianggap memenuhi kriteria, maka WeChat akan membuat akun secara gratis. Dengan begitu, para penggemar atau pelanggan bisa berkomunikasi dengan selebriti atau brand kesayangan mereka.

Untuk memiliki akun di fitur Official Accounts, seseorang atau badan usaha mengirimkan semacam proposal kepada tim WeChat. Selanjutnya, setelah melalui proses review, WeChat akan menentukan apakah orang atau perusahaan tersebut bisa mendapatkan akun atau tidak. 

Berawal dari nama Weixin, WeChat adalah aplikasi pesan suara dan teks gratisan yang dikembangkan oleh perusahaan Cina, Tencent WeChat Ltd. Demi menjangkau pengguna di seluruh dunia, akhirnya pada Mei 2012, aplikasi tersebut berganti nama menjadi WeChat.

Kini pun sudah tersedia dalam berbagai bahasa. Seperti Inggris, Portugis, Thailand, Mandarin Tradisional, Vietnam, dan Indonesia.

Saat ini WeChat mengklaim telah memiliki 300 juta pengguna, ekspansinya juga tidak hanya pada negara tetapi juga platform yang menyertainya. Setelah Symbian, Windows Phone, iOS, dan Android, WeChat kini juga hadir di BlackBerry.

Sebagai negara yang memiliki jumlah pengguna Blackberry terbesar di dunia, Indonesia tentunya menjadi lahan potensial bagi WeChat dalam menjaring pengguna. Efeknya, aplikasi ini juga menjadi lahan yang tepat pula bagi selebriti atau brand tertentu untuk pamer di dalamnya. Begitupun pengguna yang ingin berinteraksi dengan selebriti atau brand kesayangannya

sumber : www.jeruknipis.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement